oop javascipt

Pengertian Inheritance Dalam OOP Javascript dan Contohnya

Pengertian Inheritance Dalam OOP Javascript

Inheritance dalam OOP Javascript adalah konsep dimana sebuah class dapat mewarisi sifat-sifat dan perilaku dari class lainnya. Dalam hal ini, class yang mewarisi sifat dan perilaku disebut sebagai child class atau subclass, sedangkan class yang memberikan sifat dan perilaku disebut sebagai parent class atau superclass.

Dengan menggunakan konsep inheritance, kita dapat membuat sebuah class baru dengan menggunakan kode yang telah ada sebelumnya. Dengan begitu, kita dapat menghemat waktu dan usaha untuk membuat kode dari awal.

Parent Class dalam OOP Javascript

Parent class atau superclass adalah class yang memberikan sifat dan perilaku kepada child class atau subclass. Contoh penggunaan parent class dalam OOP Javascript adalah sebagai berikut:

 

class Animal {
  constructor(name) {
    this.name = name;
  }
  
  speak() {
    console.log(`${this.name} makes a noise.`);
  }
}

const animal = new Animal('Animal');
animal.speak(); // Output: Animal makes a noise.

 

Pada contoh di atas, kita membuat sebuah parent class bernama Animal. Class ini memiliki satu properti yaitu name, dan satu method yaitu speak(). Method speak() digunakan untuk menampilkan output pada console bahwa animal membuat suara.

Baca juga : Apa itu DOM dalam Javascript

Child Class dalam OOP Javascript

Child class atau subclass adalah class yang menerima sifat dan perilaku dari parent class atau superclass. Contoh penggunaan child class dalam OOP Javascript adalah sebagai berikut:

 

class Dog extends Animal {
  constructor(name) {
    super(name);
  }
  
  speak() {
    console.log(`${this.name} barks.`);
  }
}

const dog = new Dog('Dog');
dog.speak(); // Output: Dog barks.

 

Pada contoh di atas, kita membuat sebuah child class bernama Dog. Class ini merupakan subclass dari Animal. Untuk melakukan inheritance dari Animal ke Dog, kita menggunakan keyword extends dan memanggil constructor parent class dengan menggunakan keyword super(). Method speak() pada class Dog telah dioverride, sehingga saat dipanggil akan menampilkan output bahwa Dog menggonggong.

Kesimpulan

Dalam OOP Javascript, inheritance adalah konsep dimana sebuah class dapat mewarisi sifat-sifat dan perilaku dari class lainnya. Parent class atau superclass adalah class yang memberikan sifat dan perilaku kepada child class atau subclass. Child class atau subclass adalah class yang menerima sifat dan perilaku dari parent class atau superclass. Dengan menggunakan konsep inheritance, kita dapat menghemat waktu dan usaha untuk membuat kode dari awal.

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top