golang

Belajar Golang: Tutorial Dasar untuk Pemula

Golang atau disebut juga Go adalah bahasa pemrograman open-source yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007. Golang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pembuatan perangkat lunak. Golang juga memiliki kemampuan untuk menjalankan program yang cepat dan aman. Dalam artikel ini, kita akan membahas tutorial dasar Golang untuk pemula.

Instalasi Golang

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal Golang di komputer Anda. Anda dapat mengunduh installer Golang dari situs web resmi Golang (https://golang.org/dl/). Setelah unduhan selesai, ikuti panduan instalasi yang diberikan oleh installer.

Mengenal Golang

Setelah menginstal Golang, langkah selanjutnya adalah mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman Golang. Seperti bahasa pemrograman lainnya, Golang juga memiliki aturan penulisan sintaksis dan struktur program yang harus diikuti. Berikut adalah beberapa konsep dasar yang harus dipahami dalam Golang:

1. Variabel dan Tipe Data

Variabel digunakan untuk menyimpan nilai dalam program. Anda perlu menentukan tipe data variabel terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Golang memiliki beberapa tipe data, termasuk int, float, string, dan boolean.

 

var x int = 10
var y float64 = 3.14
var z string = "Hello, World!"
var a bool = true

2. Struktur Kontrol

Golang memiliki beberapa struktur kontrol, seperti percabangan dan perulangan, yang digunakan untuk mengatur alur program. Berikut adalah contoh penggunaan struktur kontrol pada Golang:

 

// Percabangan
if x > 0 {
  fmt.Println("x adalah bilangan positif")
} else {
  fmt.Println("x adalah bilangan negatif")
}

// Perulangan
for i := 1; i <= 10; i++ {
  fmt.Println(i)
}

3. Fungsi

Fungsi adalah blok kode yang dapat dipanggil oleh program untuk melakukan tugas tertentu. Golang memiliki beberapa fungsi bawaan, seperti fmt.Println() yang digunakan untuk mencetak ke konsol. Anda juga dapat membuat fungsi Anda sendiri dalam Golang:

func tambah(x int, y int) int {
  return x + y
}

// Memanggil fungsi tambah
hasil := tambah(5, 7)
fmt.Println(hasil) // Output: 12

Membuat Program Pertama

Setelah memahami dasar-dasar Golang, saatnya membuat program pertama. Buatlah file baru dengan ekstensi .go dan ketikkan kode berikut:

 

package main

import "fmt"

func main() {
  fmt.Println("Hello, World!")
}

Simpan file dengan nama “hello.go” dan jalankan program dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

 

go run hello.go

Program akan mencetak “Hello, World!” ke konsol.

Kesimpulan

Golang adalah bahasa pemrograman yang cepat, aman, dan efisien. Dalam tutorial dasar ini, kita telah mempelajari beberapa konsep dasar dalam Golang, seperti variabel, struktur kontrol, dan fungsi. Semoga tutorial ini membantu Anda untuk memulai belajar Golang dan membuat program pertama Anda. Ada banyak sumber daya online lainnya yang dapat membantu Anda untuk mempelajari Golang lebih lanjut, termasuk dokumentasi resmi Golang dan komunitas Golang yang aktif. Selamat belajar!

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top