Tutorial Membuat Aplikasi Web dengan Django part 1

Pengenalan

Django adalah salah satu kerangka kerja (framework) aplikasi web paling populer dan kuat yang tersedia saat ini. Django memiliki keunggulan dalam kemampuan untuk membangun aplikasi web yang aman, stabil, dan mudah di-maintain.

Dalam tutorial ini, kita akan belajar tentang cara membuat aplikasi web dengan Django. Kita akan mulai dengan membuat proyek Django, menambahkan aplikasi, dan mengkonfigurasi basis data. Kemudian, kita akan membuat beberapa model, view, dan template untuk membuat halaman web.

Prasyarat

Untuk mengikuti tutorial ini, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman Python dan HTML. Jika Anda belum memiliki pengetahuan dasar, Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu sebelum melanjutkan tutorial ini.

Selain itu, Anda harus memiliki instalasi Django pada sistem Anda. Jika Anda belum memiliki Django, Anda dapat menginstalnya dengan menggunakan pip. Jalankan perintah berikut untuk menginstal Django:

pip install Django

Buat Proyek Django

Pertama-tama, kita akan membuat proyek Django dengan menggunakan perintah django-admin startproject <nama-proyek> pada terminal. Misalnya, jika kita ingin membuat proyek bernama “tutorial”, kita bisa menjalankan perintah berikut:

django-admin startproject tutorial

Setelah menjalankan perintah di atas, proyek “tutorial” akan dibuat di direktori kerja Anda. Struktur direktori untuk proyek Django baru terlihat seperti berikut:

 

tutorial/
    manage.py
    tutorial/
        __init__.py
        settings.py
        urls.py
        asgi.py
        wsgi.py

File manage.py adalah script yang digunakan untuk menjalankan perintah pada proyek Django Anda. Anda dapat menjalankan perintah seperti menjalankan server, mengumpulkan data statis, atau menjalankan migrasi basis data dengan menggunakan file manage.py.

File tutorial/settings.py berisi konfigurasi untuk proyek Django Anda. Anda dapat mengkonfigurasi basis data, pengaturan middleware, pengaturan URL, dan lain-lain di sini.

File tutorial/urls.py berisi daftar URL untuk proyek Django Anda. Anda dapat menentukan URL untuk aplikasi Anda di sini.

Buat Aplikasi Django

Setelah membuat proyek Django, kita akan membuat aplikasi Django. Aplikasi Django adalah bagian terpisah dari proyek Django yang berfungsi untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya, aplikasi blog, aplikasi toko online, atau aplikasi berita.

Untuk membuat aplikasi Django, kita akan menggunakan perintah python manage.py startapp <nama-aplikasi> pada terminal. Misalnya, jika kita ingin membuat aplikasi bernama “blog”, kita bisa menjalankan perintah berikut:

python manage.py startapp blog

Setelah menjalankan perintah di atas, aplikasi “blog” akan dibuat di dalam proyek “tutorial”. Struktur direktori untuk aplikasi baru terlihat seperti berikut:

 

blog/
    migrations/
        __init__.py
    __init__.py
    admin.py
    apps.py
    models.py
    tests.py
    views.py

File blog/models.py adalah tempat kita akan mendefinisikan model untuk aplikasi “blog”. Model adalah representasi objek dari data dalam basis data, seperti posting blog atau komentar.

Contoh model untuk posting blog adalah sebagai berikut:

from django.db import models
from django.utils import timezone

class Post(models.Model):
    author = models.ForeignKey('auth.User', on_delete=models.CASCADE)
    title = models.CharField(max_length=200)
    text = models.TextField()
    created_date = models.DateTimeField(default=timezone.now)
    published_date = models.DateTimeField(blank=True, null=True)

    def publish(self):
        self.published_date = timezone.now()
        self.save()

    def __str__(self):
        return self.title

 

Model Post memiliki beberapa atribut, seperti author, title, text, created_date, dan published_date. Atribut author adalah foreign key ke model User yang didefinisikan oleh Django. Atribut created_date adalah tanggal dan waktu kapan posting blog dibuat, dan atribut published_date adalah tanggal dan waktu kapan posting blog dipublikasikan.

Metode publish digunakan untuk mempublikasikan posting blog. Metode ini akan mengatur published_date ke waktu saat ini dan menyimpan model ke basis data.

Metode __str__ digunakan untuk merepresentasikan objek Post sebagai string, sehingga kita dapat dengan mudah mengidentifikasi posting blog dalam administrasi Django.

Lanjut Part 2: Konfigurasi Basis Data Aplikasi Web dengan Django

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top