django

Konfigurasi Basis Data Aplikasi Web dengan Django

Konfigurasi Basis Data

Setelah kita mendefinisikan model, kita perlu mengkonfigurasi basis data agar dapat menggunakannya. Django memiliki dukungan untuk berbagai jenis basis data, seperti SQLite, PostgreSQL, MySQL, dan Oracle.

Secara default, Django akan menggunakan basis data SQLite untuk proyek Anda. Anda dapat mengubah konfigurasi basis data di file tutorial/settings.py. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan basis data PostgreSQL, Anda dapat mengubah pengaturan berikut:

DATABASES = {
    'default': {
        'ENGINE': 'django.db.backends.postgresql',
        'NAME': 'mydatabase',
        'USER': 'mydatabaseuser',
        'PASSWORD': 'mypassword',
        'HOST': 'localhost',
        'PORT': '5432',
    }
}

Anda harus menginstal driver Python untuk basis data yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan PostgreSQL, Anda dapat menginstal driver dengan menggunakan perintah berikut:

pip install psycopg2

Migrasi Basis Data

Setelah mengubah konfigurasi basis data, kita harus menjalankan migrasi basis data untuk membuat tabel dalam basis data sesuai dengan definisi model kita. Django memiliki fitur migrasi basis data yang memungkinkan kita untuk mengelola versi basis data dan melakukan perubahan basis data secara aman.

Untuk membuat migrasi basis data, kita akan menggunakan perintah python manage.py makemigrations <nama-aplikasi> pada terminal. Misalnya, jika kita ingin membuat migrasi basis data untuk aplikasi “blog”, kita bisa menjalankan perintah berikut:

python manage.py makemigrations blog

Setelah menjalankan perintah di atas, migrasi basis data akan dibuat dalam direktori blog/migrations/.

Setelah membuat migrasi basis data, kita perlu menjalankan migrasi basis data dengan perintah python manage.py migrate pada terminal.

python manage.py migrate

Setelah menjalankan perintah python manage.py migrate, tabel-tabel dalam basis data akan dibuat sesuai dengan definisi model kita.

Membuat Superuser

Selanjutnya, kita perlu membuat superuser untuk dapat mengakses admin site Django. Superuser adalah pengguna yang memiliki akses ke seluruh fitur dalam admin site.

Untuk membuat superuser, kita dapat menggunakan perintah python manage.py createsuperuser pada terminal dan mengikuti instruksi yang muncul.

python manage.py createsuperuser

Setelah menjalankan perintah di atas, kita diminta untuk memasukkan username, email, dan password untuk superuser yang baru dibuat.

Menjalankan Server

Setelah melakukan konfigurasi basis data dan membuat superuser, kita dapat menjalankan server Django menggunakan perintah python manage.py runserver pada terminal.

python manage.py runserver

Setelah menjalankan perintah di atas, server akan dijalankan di http://localhost:8000/.

 

Lanjut part 3 : Membuat Aplikasi Web Blog dengan Django

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top