Tutorial Golang: Konstruktor di Go – Cara Membuat Objek dengan Properti yang Diinisialisasi dengan Nilai Awal.

Golang adalah bahasa pemrograman yang semakin populer. Salah satu fitur yang paling berguna dalam bahasa ini adalah konstruktor. Konstruktor membantu membuat objek dengan memberikan nilai awal ke properti yang ada di dalamnya. Dalam tutorial ini, kita akan belajar tentang konstruktor di Golang.

Konstruktor adalah metode khusus yang digunakan untuk membuat objek dan menginisialisasi nilai properti di dalamnya. Konstruktor biasanya memiliki nama yang sama dengan nama struktur, dan tidak mengembalikan nilai apa pun.

Berikut adalah contoh struktur sederhana:

type Person struct {
    name string
    age  int
}

Struktur di atas memiliki dua properti: name dan age. Sekarang, mari kita buat konstruktor untuk struktur ini. Konstruktor akan mengambil dua parameter, name dan age, dan akan mengembalikan objek Person.

func NewPerson(name string, age int) *Person {
    p := Person{name, age}
    return &p
}

Di dalam konstruktor NewPerson(), kita membuat variabel p dengan tipe Person dan memberikan nilai awal ke propertinya menggunakan sintaks penugasan. Kemudian, kita mengembalikan alamat dari objek Person dengan &p.

Untuk menggunakan konstruktor ini, kita cukup memanggilnya seperti ini:

person := NewPerson("John", 30)

Ini akan membuat objek Person baru dengan nama “John” dan usia 30.

Kita juga dapat menginisialisasi properti di dalam konstruktor dengan nilai default. Berikut adalah contoh konstruktor yang menginisialisasi properti age dengan nilai default 18.

func NewPersonWithName(name string) *Person {
    p := Person{name, 18}
    return &p
}

Sekarang, kita dapat membuat objek Person dengan memanggil konstruktor ini seperti ini:

person := NewPersonWithName("Alice")

Ini akan membuat objek Person baru dengan nama “Alice” dan usia 18.

Dalam tutorial ini, kita telah belajar tentang konstruktor di Golang. Konstruktor membantu membuat objek dan menginisialisasi nilai properti di dalamnya. Kita dapat membuat konstruktor dengan nama yang sama dengan struktur dan mengembalikan objek dengan menggunakan sintaks &namaVariabel. Kita juga dapat menginisialisasi nilai default properti di dalam konstruktor. Semoga tutorial ini membantu Anda memahami konstruktor di Golang!

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top