Pengertian jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah interkoneksi komputer dan komputasi peralatan yang menggunakan kabel atau gelombang radio dan dapat berbagi data dan komputasisumber daya. Jaringan komputer melibatkan manajer bisnis, pemrogram komputer, perancang sistem, manajer kantor,pengguna komputer di rumah, dan warga biasa. Contoh penerapan outlet ritel online dapat melacaksetiap item yang Anda lihat atau beli. Dengan menggunakan data ini, mereka dapat membuat rekomendasi produk serupa dan memberi tahu Anda di masa depan ketika produk baru menjadi tersedia. 

Jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio disebut nirkabel. Jaringan yang membentang area beberapa meter di sekitar individu disebut area pribadi jaringan (PAN) .  Jaringan area pribadi meliputi perangkat seperti komputer laptop, asisten digital pribadi, dan koneksi nirkabel. Jaringan itu sedikit lebih besar dalam ukuran geografis — mencakup ruang, lantai dalam bangunan atau kampus  adalah jaringan area lokal (LAN). (MAN) Jangkauan 50Km atau kota. Jaringan area metropolitan adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan bisnis dengan bisnis lain dan Internet.  Jaringan besar yang mencakup bagian dari negara bagian, banyak negara bagian,negara, dan dunia adalah jaringan area luas (WAN). 

Gambar dibawah selanjutnya menunjukkan dua jenis jaringan area lokal (LAN 1dan LAN 2). Meskipun deskripsi lengkap dari berbagai komponen yang membentuk jaringan area lokal tidak diperlukan saat ini, penting untuk dicatat bahwa kebanyakan LAN menyertakan perangkat keras berikut:

  • Workstation, yang merupakan komputer / mikrokomputer pribadi (desktop,laptop, netbook, handheld, dll.) tempat pengguna berada
  • Server, yang merupakan komputer yang menyimpan perangkat lunak jaringan dan dibagikan atau file pengguna pribadi
  • Sakelar, yang merupakan titik pengumpulan untuk kabel yang menghubungkan workstation
  •  Router, yang merupakan perangkat penghubung antara jaringan area lokal dan jaringan area luas

jaringan LAN

Pada ketererangan gambar diatas dapat di jelaskan sebagai berikut:

  • Pengguna A (di sudut kiri atas Gambar di atas), yang ingin mengambilhalaman Web dari server Web yang ditunjukkan di sudut kanan bawah. Melakukanini, komputer Pengguna A harus memiliki perangkat keras yang diperlukan danperangkat lunak yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan jaringan area luas pertama yang dihadapinya, , WAN 1 sebagai penyedia layanan Internet Pengguna. Dengan asumsi bahwa komputer Pengguna A terhubung ke jaringan area luas melalui saluran telepon DSL,Pengguna A membutuhkan beberapa jenis modem. Selanjutnya, jika jaringan area luas ini bagian dari Internet, komputer Pengguna memerlukan perangkat lunak yang berbicara tentang pembicaraan Internet: TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
  • Perhatikan bahwa tidak ada koneksi langsung antara WAN 1, di mana Pengguna A berada, dan LAN 2, tempat server Web berada. Untuk memastikan bahwa Pengguna A. Permintaan halaman web mencapai penerima yang dituju (server Web), perangkat lunak Pengguna A melampirkan informasi alamat yang sesuai yang digunakan WAN 1 untuk merutekan Permintaan Pengguna ke router yang menghubungkan WAN 1 ke LAN 1. Setelah permintaan ada di LAN 1, perangkat mirip sakelar yang menghubungkan LAN 1 dan LAN 2 menggunakan alamat informasi untuk meneruskan permintaan ke LAN 2. Informasi alamat tambahan lalu merutekan permintaan halaman Web Pengguna ke server Web, yang perangkat lunaknya menerima permintaan.
Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top