Macam-macam Gangguan Saluran Transmisi Gelombang Mikro

Macam-macam Gangguan Saluran Transmisi Gelombang Mikro

Gangguan Random

         Gangguan yang tidak dapat diramalkan terjadinya sebagai berikut:

  • Derau panas yang disebabkan oleh pergerakan acak electron bebas dalam rangkaian. Pada beranda seluruh spekrum yang tersedia disebut juga derau putih atau disebut dengan white noise atau juga derau gausian. Dan kejadiannya tidak dapat dihindarkan dan biasanya tidak terlalu mengganggu transmisi data kecuali jika lebih besar dari sinyal yang ditransmisi.
  • Gema adalah sinyal yang di pantulkan kembali. Karena hal ini disebapkan oleh  adanya perubahan impedansi pada rangkaian listrik. Contohnya sambungan antara dua potong kawat yang diameternya berbeda.
  • Derau Impulse/spikes adalah tegangan yang tingginya lebih besar disbanding tengangan atau rata” dan sumbernya antara lain yaitu perubahan tegangan pada saluran listrik, pendekatan dengan saluran komunikasi data, perubahan tegangan pada motor, switch untuk penerangan dan sebagainya
  • Perubahan Sudut adalah kadang sinyal dapat berubah karena impulse noise, sudut yang dapat berubah dan kemudian kembali menjadi normal lagi.
  • Cross Talk adalah disebabkan oleh masuknya sinyal dari kanal lain yang letaknya berdekatan. Dan biasanya terjadi pada salurantelepon yang berdekatan atau dimultiplek. Bicara silang akan semakin jelas atau bertambah apabila jarak yang ditempuh semakin jauh. Sinyal yang ditransmisikan semakin kuat atau semakin besar frekuensinya.
  • Selective Fading adalah yang disebabkan pada atmosfer dan sinyal yang disalurkan hingga penerima melalui berbagai jalur. Sinyal ini kalau kemudian bergabung maka hasilnya akan terganggu.
  • Derau Intermodulasi adalah dua sinyal dari saluran yang berbeda akan membentuk sinyal baru yang menduduki frekuensi sinyal lain,intermodulasi ini dapat terjadi pada transmisi data apabila modem menggunakan satu frekuensi untuk menjaga agar saluran sinkron selama data tidak dikirim. Frekuwensi ini dapat memodulasi sinyal yang ada pada saluran lain. 
  • Jitter timbul oleh system pembawa yang di multiple yang dihasilkan perubahan frekwensi dan sudut sinyal berubah sehingga menyebabkan kesukaran dalam mendeteksi bentuk sinyal tersebut.
Gangguan Tak Random

         Terjadinya dapat diramalkan dan diperhitungkan. Yang termasuk gangguan ini adalah sebagai berikut :

  • Redaman tegangan dalam suatu sinyal berkurang ketika melalui saluran transmisi. Dan hal ini disebabkan oleh karena daya diserap saluran transmisi dan tergantung pada frekwensi sinyal jenis media transmisi dan panjang jarak saluran transmisi. Redaman tidak sama besarnya untuk semua frekwensi. 
  • Tundaan pada sinyal umumnya terdiri atas banyak frekwensi. Dan masing frekwensi tidak berjalan dengan cepat yang sama sehingga tiba dipesawat penerima pada waktu yang berbeda, tundaan yang terlalu besar akan menimbulkan kesalahan pada trnsmisi data jadi tundaan ini bukan merupakan gangguan yang serius terhadap transmisi suara tetap pada transmisi data akan menyebabkan terjadinya kesalahan.

 

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top