Apa itu React js? Pengertian, fitur, kelebihan, kekurangan dan cara kerja

Apa itu React js ?

React JS adalah sebuah library JavaScript yang digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (user interface/UI) pada aplikasi web. React JS diciptakan oleh Facebook dan dirilis pada tahun 2013.

Berikut adalah beberapa fitur React js:

  1. Virtual DOM: React js menggunakan Virtual DOM untuk mempercepat rendering dan mengurangi jumlah perubahan yang harus dibuat pada DOM aktual. Virtual DOM menyimpan representasi Virtual DOM tree yang memungkinkan React js membandingkan dan memperbarui hanya bagian yang berubah pada tampilan.
  2. Komponen: React js memungkinkan pengembang untuk memecah aplikasi menjadi beberapa komponen yang dapat diatur ulang dan digunakan kembali dengan mudah. Komponen-komponen ini terdiri dari fungsi atau kelas JavaScript dan memungkinkan pembuatan tampilan yang modular dan mudah di-maintain.
  3. JSX: JSX adalah sebuah sintaksis yang memungkinkan kita untuk menulis kode HTML-like di dalam file JavaScript. Hal ini mempermudah pembuatan tampilan dan membuat kode lebih mudah dibaca.
  4. One-way data binding: React js mengikuti pola one-way data binding, yaitu data hanya mengalir dari komponen induk ke komponen anak dan tidak sebaliknya. Hal ini memungkinkan pengembang untuk lebih mudah memperbarui data dan meminimalkan kesalahan.
  5. Server-side rendering: React js dapat digunakan untuk rendering tampilan pada server-side, yang memungkinkan pembuatan aplikasi yang lebih cepat dan lebih ramah SEO.
  6. Kinerja yang cepat: Dengan menggunakan Virtual DOM dan teknik optimisasi lainnya, React js dapat menghasilkan tampilan yang cepat dan responsif pada aplikasi web.
  7. Ekosistem yang besar: React js memiliki ekosistem yang besar, dengan banyaknya library dan alat yang dibuat oleh komunitas untuk memudahkan pengembangan aplikasi React js.

Kelebihan React js

Kelebihan React JS meliputi:

  • Membuat aplikasi web lebih responsif dan interaktif dengan memungkinkan pengembang untuk membuat komponen UI yang dapat digunakan kembali.
  • Memiliki performa yang cepat karena menggunakan teknik virtual DOM (Document Object Model) yang memungkinkan perubahan pada UI diupdate secara efisien.
  • Memiliki dukungan komunitas yang besar dan banyak tersedia dokumentasi serta tutorial.

Kekurangan React js

Beberapa Kekurangan React JS antara lain:

  • Hanya berfokus pada pengembangan antarmuka pengguna dan tidak menyediakan fitur-fitur backend yang kompleks.
  • Memiliki kurva belajar yang cukup tinggi untuk pengguna yang belum terbiasa dengan paradigma pemrograman fungsional.

Bagaimana React js bekerja

Untuk mempelajari React JS, beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

  • Memulai dengan mempelajari dasar-dasar JavaScript dan HTML.
  • Belajar tentang konsep dasar React JS seperti state, props, dan component.
  • Mengikuti tutorial dan latihan yang tersedia secara online seperti di situs resmi React JS atau situs tutorial seperti Udemy, Codecademy, dan lainnya.
  • Mencoba membuat proyek kecil-kecilan menggunakan React JS untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis.

 

 

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top