Pengertian Organisasi Dan Arsitektur KOMPUTER

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer , seperti teknologi hardware, sinyal kontrol, interface, teknologi memori. sedangkan  Arsitektur Komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, seperti set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0,  jumlah bit yang digunakan untuk representasi data. jadi, apa itu komputer, Komputer adalah sekumpulan alat elektronik  yang terdiri dari hardwre dan software  yang dapat menerima data (input), mengolah data (proses), dan memberikan informasi (output).

Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut : 

  1. Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
  2. Output Device (Alat Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  3. I/O Ports adalah soket pada komputer tempat kabel dicolokkanPort menghubungkan CPU ke perangkat periferal melalui antarmuka perangkat keras atau ke jaringan melalui antarmuka jaringan. contoh  port , DisplayPort , HDMI , dan USB .
  4. CPU (Central Processing Unit) merupakan sebuah unit proses yang paling utama dalam sebuah perangkat komputer.
  5. Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 

 

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top