Aturan Dasar Dalam Penulisan Coding di Javascript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia saat ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aturan dasar yang perlu diikuti dalam menulis JavaScript.

  • Menulis Kode yang Bersih

Salah satu aturan dasar dalam menulis JavaScript adalah menulis kode yang bersih. Ini dapat mencakup beberapa hal, seperti memberi nama yang deskriptif untuk variabel dan fungsi, memformat kode dengan benar, dan menghindari duplikasi kode.

  • Menggunakan Pemformatan Kode yang Konsisten

Menulis kode yang konsisten dapat membantu meningkatkan keterbacaan dan mempermudah pemeliharaan kode. Hal ini meliputi mengatur indentasi dengan benar, memilih gaya penulisan tertentu, dan memastikan bahwa tanda kurung dan tanda titik koma diatur dengan benar.

  • Menghindari Penggunaan Global Variable

Global variable dapat membuat kode sulit dibaca dan mempersulit pemeliharaan kode. Sebaiknya hindari penggunaan global variable sebisa mungkin. Sebagai alternatifnya, gunakan variabel lokal atau parameter fungsi.

  •  Menyertakan Komentar dalam Kode

Menyertakan komentar dalam kode dapat membantu menjelaskan apa yang dilakukan oleh kode dan bagaimana cara kerjanya. Hal ini dapat memudahkan pemahaman bagi programmer yang mungkin tidak terbiasa dengan kode tersebut.

  •  Menggunakan Struktur Kontrol yang Tepat

Struktur kontrol adalah salah satu bagian penting dari pemrograman. Dalam JavaScript, ada beberapa jenis struktur kontrol yang perlu diperhatikan, seperti pernyataan if-else, for loops, dan switch case. Memilih struktur kontrol yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi kode dan mempercepat waktu eksekusi.

  • Memastikan Kode Dapat Dibaca oleh Semua Browser

JavaScript digunakan pada berbagai browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan kode Anda dapat dibaca oleh semua browser dengan menghindari penggunaan fitur yang hanya tersedia pada satu browser tertentu.

  • Menghindari Penggunaan Fitur yang Sudah Usang

Dalam JavaScript, beberapa fitur sudah usang dan diganti dengan fitur baru. Sebaiknya hindari penggunaan fitur yang sudah usang untuk menghindari masalah kompatibilitas pada browser yang lebih baru.

Itulah beberapa aturan dasar yang perlu diperhatikan dalam menulis JavaScript. Dengan mengikuti aturan-aturan ini, kita dapat menghasilkan kode yang lebih efisien, mudah dibaca, dan dapat diandalkan.

 

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top