Panduan-Menghapus-Bidang-URL-pada-Formulir-Komentar-WordPress

Panduan Menghapus Bidang URL pada Formulir Komentar WordPress

Komentar pada situs WordPress merupakan cara interaktif bagi pembaca untuk berbagi pemikiran tentang suatu konten. Meskipun bermanfaat, fitur ini juga rentan terhadap spam dan potensi serangan cyber. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah tautan penulis komentar yang sering digunakan oleh spammers untuk menyebar tautan berbahaya. Masalah Tautan Penulis Komentar Tautan penulis komentar pada WordPress berfungsi sebagai tautan ke situs web pengguna yang meninggalkan komentar. Meskipun dirancang untuk memungkinkan pengguna meninggalkan komentar secara anonim, tautan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan spam.

Cara Menyembunyikan Tautan Penulis Komentar WordPress

Ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan atau mencegah tautan dalam komentar dari muncul di bagian komentar yang dipublikasikan. Meskipun pendekatan ini menyembunyikan tautan dari tampilan depan, tautan-tautan sebenarnya akan tetap ada di bagian backend situs web WordPress Anda. Ini dapat meningkatkan jumlah tautan no-follow internal yang dapat sedikit mengganggu SEO Anda.

Berikut ini kami tunjukkan 3 metode, satu adalah metode otomatis dan yang lainnya adalah metode manual. Anda dapat menggunakan salah satu metode untuk menyembunyikan/menghapus tautan penulis komentar WordPress. Anda juga dapat menggunakan alat SEO canggih seperti Yoast untuk mengidentifikasi tautan no-follow internal.

Metode 1: Blokir tautan URL penulis komentar menggunakan plugin

Ada banyak alat yang membantu Anda menyembunyikan tautan-tautan berbahaya ini dalam komentar. Sebuah plugin gratis bernama “Disable Author Link from Comments” memiliki banyak ulasan positif. Namun, plugin ini terakhir diperbarui 1 bulan yang lalu (saat artikel ini ditulis), dan mungkin tidak kompatibel dengan versi WordPress Anda. Namun, plugin ini dapat memblokir URL penulis komentar agar tidak muncul di bagian komentar.

Anda juga dapat mencoba plugin lain bernama “Comment Link Remove and Other Comment Tools by Quantum Cloud“. Plugin ini dapat digunakan secara gratis, namun versi premium memungkinkan Anda untuk menghapus bidang URL dan menawarkan fungsi tambahan.

Metode 2: Blokir tautan URL penulis komentar melalui functions.php

Anda dapat menambahkan beberapa kode ke file function.php Anda untuk memblokir tautan URL penulis komentar. Namun, jika Anda akan mengubah file function.php, kami sangat menyarankan untuk menggunakan plugin untuk melakukannya. Karena file ini sangat penting bagi situs web WordPress Anda dan jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, Anda mungkin mendapatkan masalah. Plugin seperti Syntax Highlighter atau Code Snippets dapat membantu Anda di sini.

Setelah menginstal plugin untuk membantu Anda mengedit function.php, buka file tersebut dan tambahkan potongan kode berikut:

 

/* Remove Website URL in Comments */
add_filter('comment_form', 'remove_url_field');
function remove_url_field($fields){
    if(isset($fields['url']))
       unset($fields['url']);
       return $fields;
}

Setelah Anda memasukkan kode di atas, klik tombol “Save Changes” (Simpan Perubahan). Sekarang tautan URL penulis komentar tidak akan ditampilkan. Namun, jika seorang pengunjung mengisi kolom-kolom formulir, URL akan tetap terlihat oleh admin situs web. Tautan penulis komentar akan dihapus dari komentar-komentar baru dan bagian komentar yang sudah ada.

Metode 3: Sembunyikan bidang URL menggunakan kode CSS

Dengan menggunakan kode CSS sederhana, Anda dapat menyembunyikan bidang URL dari formulir komentar. Formulir komentar bawaan WordPress menggunakan nama kelas “comment-form-URL” untuk menampilkan URL situs web penulis. Anda dapat mengakses pengaturan tampilan tema Anda dan menambahkan kode CSS untuk menyembunyikan ini.

Buka Appearance > Themes > Customize dan temukan opsi Additional CSS. Lalu tambahkan kode berikut:

 

.comment-form-url {
	display:none;
}

Kode ini akan mencegah bidang URL situs web ditampilkan. Penulis komentar tidak akan dapat memberikan tautan dan dengan demikian tautan tidak akan dibuat sama sekali. Namun, perlu diingat bahwa kami menggunakan nama kelas formulir komentar default WordPress. Jika Anda menggunakan plugin lain untuk formulir Anda, maka kode CSS ini mungkin tidak berfungsi. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba metode lain.

Kesimpulan

Tautan penulis komentar di WordPress memberi kesempatan interaksi, tapi juga rentan terhadap spam dan masalah keamanan. Solusi untuk menyembunyikan tautan ini melibatkan penggunaan plugin, modifikasi functions.php, atau kode CSS. Perubahan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak SEO atau pengalaman pengguna. Menjaga keseimbangan antara keamanan, SEO, dan interaksi pembaca sangat penting dalam mengelola situs WordPress secara efektif.

Tolong Bagikan:
Pin Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Scroll to Top